SOP Pendaftaran Pasien Puskesmas I Ajibarang
- Pasien datang dan mengambil nomor urut pendaftaran dengan cara menekan tombol yang terbagi menjadi 2 (dua) yaitu:
- Tombol A untuk pasien pemeriksaan umum (diatas umur 5 tahun, dibawah umur 60 tahun) dan pasien prolanis (sesuai jadwal prolanis).
- Tombol B untuk pasien balita (bawah lima tahun), pasien lansia (diatas umur 60 tahun), pasien pemeriksan kehamilan, pemeriksaan KB, dan pemeriskaan gigi
- Pasien duduk di ruang tunggu pendaftaran.
- Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut pendaftaran.
- Petugas menanyakan kepada pasien tentang layanan pemeriksaan mana yang akan dituju: Pemeriksaan Umum, Pemeriksaan Gigi, Pemeriksaan KIA/KB, Pemeriksaan laboratorium, TB. Paru, MTBS, Imunisasi, Gizi, Konsultasi Promkes dan Kesling.
- Petugas menanyakan apakah pasien pernah berkunjung ke Puskesmas I Ajibarang sebelumnya.
- Bagi pasien yang pernah berkunjung, petugas menanyakan kartu berobat dan meminta kartu tersebut lalu mencari rekam medis sesuai nomor indeks yang tertera di kartu berobat pasien. Apabila pasien tidak membawa kartu berobat maka petugas mencari data pasien melalui database di komputer (SIMPUS) untuk mengetahui nomor rekam medisnya.
- Bila pasien belum pernah berkunjung, petugas meminta kartu identitas pasien (KTP/SIM) untuk dibuatkan kartu berobat dan rekam medis baru.
- Petugas menanyakan apakah pasien menggunakan kartu jaminan atau dengan biaya sendiri (umum). Bagi pasien yang menggunakan kartu jaminan, petugas menanyakan apakah pasien membawa kartu jaminan dan berkas syarat jaminan yang diperlukan.
- Petugas mencari data rekam medis pasien, kemudian memberikan cap tanggal pada rekam medis.
- Petugas mencatat data pasien dalam buku register kunjungan pasien rawat jalan.
- Petugas mempersilahkan pasien menunggu giliran diruang tunggu klinik pemeriksaan yang dituju.
- Petugas memasukkan data ke dalam komputer (SIMPUS)
- Setelah terkumpul beberapa rekam medis, minimal 5 (lima) dokumen rekam medis (dengan memperhatikan kondisi, apabila hanya ada satu pasien dalam waktu tersebut maka tidak harus menunggu 5 dokumen) petugas mengantar rekam medis pasien ke ruang pemeriksaan yang dituju.
Sesuiai dengan SOP diatas, maka paling tidak bagian pendaftaran dibagi menjadi 4 (empat) bagian tugas utama yaitu:
1. Pendaftar Pasien
2. Pencari RM (Rekam Medis)
3. Penginput data Simpus dan PCare
4. Pendistribusi RM
Petugas pendaftaran:
- Asna F : Fokus pada nomor 1 dan 2 dengan diperbantukan oleh pak Kismo
- Iman A.K : Fokus pada nomor 3 dan 4
Untuk data pasien (nama, alamat, tanggal lahir, umur, jenis kelamin, kepala keluarga, no.telp, pekerjaan, alamat dan no.BPJS/KBS) semuanya ditulis dan tidak ada yang digambar. :-)
Semoga SOP Pendaftaran diatas bisa dipahami dan dijalankan dengan penuh komitmen sesuai dengan Visi Misi Puskesmas I Ajibarang. Memang tidak bisa dipungkiri masih banyak kekurangan dan kelemahan (data pasien yang kurang lengkap, simpus yang kurang lengkap dll), tetapi semoga kedepannya akan jauh lebih baik lagi.
SOP pendaftaran diatas bukan untuk dikerjakan sendirian, tetapi dikerjakan oleh paling tidak 3 (tiga) petugas, sukur-sukur bisa 4 (empat) petugas. Untuk itu bagian pendaftaran berharap akan adanya penambahan SDM di bagian pendaftaran, agar SOP pendaftaran diatas bisa dijalankan dengan lebih baik lagi dan optimal. Semoga....
.
Komentar